Cara Menjaga Suhu Laptop Tetap Adem

Suhu laptop sangat berpengaruh pada kinerjanya, terutama pada umur laptop itu sendiri. Apabila kita mampu menjaga dan merawatnya, pasti laptop pun akan awet. Suhu maksimum yang dianjurkan dari pabrikan sekitar 80-90 derajat celcius, jangan sampai lebih, bisa-bisa laptop berasap karena kepanasan.
Berikut tips untuk mengatur suhu laptop :
1. Ukur dulu berapa suhu laptop Anda, bisa langsung menggunakan termometer, caranya dengan menempelkan termometer pada bagian terpanas di laptop Anda. Bisa juga mengunakan beberapa utilities untuk mengukur suhu laptop Anda.
2. Menurunkan suhu laptop tanpa harus menggunakan software tambahan bahkan hardware tambahan bisa dilakukan dengan mensetting pengaturan pada control panel :
-Buka “Control Panel” , kemudian pilih “Power Options”
-Setelah itu pilih “Change plan settting” pada power plan yang sedang Anda gunakan (pada contoh mengunakan “High Perfomance”).
-Kemudian klik pada “Change advance power setting”
-Muncul pop-up baru kemudian cari “Maximum pocessor state” (Processor power management > Maximum pocessor state)
-Kemudian masukan settingan seperti berikut . On Battery (%) = 85% , Plugged in (%) = 80%
-Penurunan suhu yang saya terima setelah melakukan cara di atas sekitar 10-20 derajat.
3. Menjaga suhu laptop bisa juga menggunakan cooling pad, bahkan kipas angin yang paling kenceng. Tetapi dengan menggunakan cara itu saya sering menjumpai beberapa cooling pad yang murahan biasanya tidak terlalu besar penurunannya, kecuali menggunakan cooling pad yang mahal pasti bisa sampai 30-40 derajat penurunnanya.
4. Ada yang berkata bahwa “Mengecas laptop sambil digunakan akan menambah suhu laptop karena suhu battery ikut menambah suhu laptop”, tetapi battery laptop jaman sekaran ketika battery itu full akan otomatis memutus hubungan dengan charger, maka jangan kawatir, menggunakan laptop dichas sambil digunakan.
Dianjurkan untuk tetap disambungkan ke charger langsung karena ketika laptop dalam keadaan tanpa battery tiba-tiba listrik mati justru Anda akan rugi lebih besar, karena akan sangat merusak laptop.
5. Matikan beberapa program yang tidak terlalu penting, cara mudah dan simpel bisa mematikan menggunakan “Task Manager”, caranya :
-Tekan tombol “Crtl+shift+esc” secara bersamaan
-Pilih tab menu “Processes”
-Cari program yang tidak terlalu penting
– Setelah itu klik end process
-Bisa juga menggunakan utilities tambahan.
Catatan: untuk cara kedua jangan berlebihan menurunkan settingannya, karena semakin rendah maka akan semakin kurang baik perfomance laptop Anda.
Semoga bermanfaat. 
 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Menjaga Suhu Laptop Tetap Adem"

Post a Comment