Cara Menghilangkan Sikap Introvert

INTROVERT adalah sifat manusia yang lebih suka menyendiri, acuh tak acuh, kurang peduli dunia luar dan lebih suka ketenangan dan pendiam. Lalu apakah semua orang introvert memiliki sifat tidak peduli dunia luar? belum tentu. Namun, ternyata banyak juga orang-orang yang hebat dalam berbicara dan merupakan public speaking adalah seorang introvert.
Oleh karena itu, bagi Anda yang memiliki sifat introvert mari kita bahas bagaimana cara untuk menghilangkan sifat introvert tersebut dan Anda bisa menjadi orang yang hebat dalam berbicara.

1. Pikirkan cara Anda bertindak
Pikirkan tentang cara Anda merasa dan bertindak di sekitar orang-orang yang telah Anda kenal, dimana Anda bisa merasa nyaman dan bersikap spontan. Alihkan perasaan itu saat Anda bertemu kenalan baru, begitu pula dalam situasi yang membuat rasa percaya diri Anda memudar. Ketika berkenalan dengan orang-orang baru, buatlah diri Anda nyaman dan hilangkan perasaan canggung Anda.
2. Hindari memperhatikan diri Anda sendiri.
Diri Anda jangan hanya menjadi objek yang membuat Anda terpaku, buatlah penghilatan lain di sekitar Anda.
3. Buatlah pertanyaan terbuka pada semua orang.
Banyak orang yang lebih senang bicara tentang diri mereka sendiri, dan temukan sebuah topik yang membuat orang lain tertarik. Seringlah untuk bertanya kepada orang lain sehingga nantinya dari pertanyaan tersebut akan terbentuklah komunikasi dengan orang lain di sekitar Anda, Anda pun akan semakin terbiasa dengan keadaan tersebut.
4. Berhentilah percaya pada imajinasi Anda.
Mungkin Anda pernah membuat gambaran tentang sebuah liburan yang menyenangkan dan pada kenyataannya jauh berbeda dengan yang Anda harapkan. Seringkali imajinasi membawa orang-orang introvert ke daerah yang lain sehingga melupakan apa yang ada di luar dirinya, dan orang-orang lain.
5. Berhentilah memikirkan ‘segalanya atau bukan apa-apa.’
Pemikiran ‘pasti begini/pasti begitu’ tertuang saat Anda mengalami emosi. Orang-orang yang sedang depresi, marah dan gelisah melihat kenyataan dari hal-hal ini dengan perbedaan yang ekstrim. Bagi orang yang sedang marah ‘Anda salah’ dan ‘mereka benar,’ orang yang marah akan melihat dirinya ‘gagal’, sedang yang lain ‘berhasil.’ Jadi berhentilah berpikir kalau Anda mungkin telah mengatakan hal yang salah, atau orang lain akan membenci Anda.
6. Nikmati waktu Anda.
Hindari mengatakan hal-hal tanpa berpikir terlebih dulu. Ketika Anda melakukan suatu hal dan Anda telah memikirkannya maka nikmatilah apa yang telah Anda pikirkan tersebut.
7. Akhirnya, gunakan latihan hipnotis.
Hipnotis merupakan cara tercepat untuk mengubah tanggapan instink/emosi Anda dalam setiap situasi. Hanya pikirkan bahwa pikiran dan tubuh Anda dalam keadaan rilek sewaktu bertemu orang baru. Sebenarnya, sewaktu Anda merasa santai seringkali Anda akan menemukan saat yang tepat untuk menerapkan hipnotis agar merasa lebih percaya saat berhadapan dengan orang lain. 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Menghilangkan Sikap Introvert"

Post a Comment