Wisata Candi Cangkuang Garut Jawa Barat

Garut memiliki banyak tempat wisata yang dapat menjadi pilihan anda. Anda dapat menikmati sejuknya udara garut dengan bersantai di villa-villa yang banyak disewakan di Garut, berenang di pemandian air panas alami langsung dari sumber air panas pegunungan, anda juga bisa berpetualang mendaki gunung papandayan untuk menikmati indahnya panorama di kota Garut, atau anda juga bisa berwisata ke tempat wisata candi cangkuang garut untuk melihat peninggalan masa lalu.
Candi cangkuang garut adalah sebuah candi hindu yang terletak di tengah pulau yang berada di situ cangkuang. Candi ini adalah peninggalan peradaban hindu di masa lalu. Mengingat mayoritas orang sunda beragama Islam jadi candi hindu ini dianggap unik dan memang satu-satunya candi hindu yang berada di tanah sunda. Candi ini memang ukurannya tidak terlalu besar, apalagi jika dibandingkan dengan candi borobudur. Tapi di dalamnya ada sebuah cekungan besar yang dalamnya sekitar 7 meter.

Di sekitar candi cengkuang garut ini ada sebuah kampung adat yang masih memegang teguh adat istiadat tradisional peninggalan leluhur mereka. Kampung adat ini bernama kampung Pulo. Meskipun letaknya berada di sekitar candi Hindu, tapi masyarakat kampung adat di sini adalah pemeluk agama Islam. Jumlah rumah di kampung adat ini hanya berjumlah 6 rumah. Jumlah ini tidak pernah berubah sejak kampung Pulo berdiri pada zaman dahulu. Hal ini merupakan sebuah ketentuan pendahulu mereka yang mengharuskan jumlah rumah yang berada di kampung ini tetap berjumlah 6, tidak boleh dikurangi ataupun ditambah. Selain peraturan tersebut, ada pula peraturan-peraturan lain yang menyangkut arsitektur rumah, jumlah kepala keluarga tidak boleh lebih dari enam, larangan berziarah pada hari rabu dan larangan untuk menabuh gong besar dan memainkan wayang golek. Aturan-aturan ini masih terus dijaga oleh penduduk di kampung pulo hingga sekarang.
Lokasi tempat wisata candi cangkuang Garut tidak terlalu sulit untuk ditempuh dari luar Garut dari arah Bandung-Jakarta, karena letaknya berada di kecamatan Leles yang merupakan perbatasan Garut-Bandung. Dari Leles anda dapat menaiki delman (angdong, kereta kuda) menuju ke situ candi Cangkuang. Sesampainya di sana, anda harus menaiki rakit untuk dapat sampai ke kampung Pulo yang berada di tengah situ Cangkuang.
Demikian sedikit informasi mengenai tempat wisata candi Cangkuang Garut yang dapat kami bagikan untuk anda semua.  Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi yang membacanya. Terima kasih telah berkunjung ke situs ini. Semoga liburan anda menyenangkan.

sumber:  http://berwisata.info

Subscribe to receive free email updates:

6 Responses to "Wisata Candi Cangkuang Garut Jawa Barat"

  1. padahal ane sering ke garut tapi belum pernah ke sana , makasih infonya gan indonesia indah candi cangkuang

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo ada waktu sempatkan berkunjung kesana bro..nanti direview.....makasih dah berkunjung...

      Delete
  2. Replies
    1. makasih bro dah berkunjung ke blog ane ..moga bermanfaat

      Delete
  3. Replies
    1. maksih kunjungannya bro...ane dah komen balik silahkan di cek...moga bermanfaat..

      Delete