13 Kelemahan Guru Dalam Mengajar & Solusinya

Guru sebagai tokoh yang berperan besar di dalam sebuah ruang kelas,  memiliki peran penting dalam menentukan kualitas pendidikan anak   bangsa. Himbauan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Anies Baswedan   telah menyebutkan bahwa wajah masa depan bangsa ini berada di ruang-ruang kelas. Akan tetapi, hal itu bukan berarti bahwa tanggung  jawab membentuk masa depan hanya berada di pundak pendidik dan  tenaga kependidikan di institusi pendidikan. Tugas kita semualah yang turut berperan membantu para guru di seluruh Indonesia untuk  bisa mengemban tugasnya dengan baik dan maksimal. Seluruh elemen bangsa hendaklah memiliki sikap peduli, untuk merasa memiliki atas problematika pendidikan agar bisa menjadi bagian dari  ikhtiar untuk mencari solusi terhadap kendala-kendala yang sering ditemui oleh seorang guru ketika ia harus mengajar di depan murid-muridnya. Guru juga hanyalah manusia biasa, yang tidak luput  dari kelemahan dan kesalahan ketika berada di depan peserta  didiknya. Tiga belas kelemahan maupun kesalahan yang sering ditemui oleh guru, dalam pembelajaran di kelas antara lain adalah:

(1) Dalam mengajar guru belum menyiapkan atau membuat sendiri perangkat pembelajarannya yang disebut dengan RPP. Sebelum mengajar  sebaiknya seorang guru telah mempersiapkan bahan ajarnya dan  merupakan hasil karyanya sendiri, sehingga ia tahu apa yang akan  diberikan kepada siswa.

(2) Seringkali dalam mengajar guru tidak membawa media atau alat  pembelajaran di kelas. Solusinya persiapkan media yang berhubungan dengan materi pembelajaran, biasanya dilakukan pada awal tahun  ajaran baru. Media dapat diambil dari bahan-bahan bekas atau yang ada di sekitar lingkungan sekolah, atau rumah siswa.

(3) Guru jarang membawa siswa ke dunia nyata anak-anak. Hanya menjelaskan dan menjabarkan teori. Solusinya sering-seringlah membawa siswa melihat langsung objek pembelajaran yang sedang  dipelajari agar dapat merasakan kejadian-kejadian penting, hal-hal  penting dalam kehidupan mereka. Sehingga mereka selalu belajar dari  lingkungan sekitar mereka.

(4) Guru jarang menggunakan metode mengajar yang menyenangkan. Solusinya kuasailah berbagai macam metode-metode dalam mengajar seperti : Contextual Teaching Learning, Quantum Teaching, Inquiry, project based learning dan lain-lain.

(5) Guru Jarang memadukan proses pembelajaran dengan pelajaran lain, apalagi yang menggunakan kurikulum 2006 (KTSP). Solusinya adalah  gunakan metode pembelajaran yang menggunakan keterpaduan dan asah kemampuan untuk menghubung-hubungkan pelajaran dengan pelajaran  lain. Sehingga manfaatnya dapat menambah wawasan dan ilmu anak  secara optimal.

(6) Dalam mengajar guru jarang menanamkan unsur-unsur nilai, norma,  etika kepada para siswa. Solusinya cobalah menggunakan pola  pembelajaran holistik, yakni menerapkan pembelajaran secara  menyeluruh dan terpadu kepada peserta didik dengan memasukkan unsur-unsur nilai spiritual dan emosional anak sehingga anak tumbuh   menjadi manusia yang terampil, terdidik dan berkarakter.

(7)Guru kurang memperhatikan kemampuan awal siswa. Solusinya Guru sebaiknya mampu mengelompokkan siswa sesuai dengan kemampuannya,  misalnya; posisi tempat duduk disesuaikan sedemikian rupa agar siswa nyaman. Pembagian kelompok kerja bagi siswa, lebih mengarah kepada  pengembangan potensi siswa. Siswa yang terampil duduk di sebelah siswa yang pasif. Atau siswa yang suka bercerita diletakkan di sebelah siswa yang pendiam.

(8) Penggunaan sarana dan prasarana yang kurang tepat. Misalnya  meja, kursi yang berat diberikan kepada siswa SD. Hal ini  mempersulit guru dalam menerapkan metode belajar yang baik.  Solusinya guru harus kreatif menyiasati hal ini, membawa siswa  keluar ruangan agar siswa tidak jenuh berada di dalam kelas.

(9) Guru tidak menetapkan rules yang jelas dalam proses  pembelajaran. Sehingga suasana kelas menjadi kurang kondusif.  Solusinya segera tentukan suatu rules dalam mengajar akan lebih dapat mengarahkan siswa, sehingga siswa ikut belajar untuk disiplin,  komitmen dan bertanggung jawab terhadap proses pembejaran di kelas.

(10) Guru tidak melakukan evaluasi. Setiap proses selalu harus  diberi evaluasi, agar guru dapat mengetahui sejauh mana siswa mampu menyerap materi, nilai-nilai maupun norma-norma sehingga siswa tidak hanya pandai tetapi juga berkarakter. Susun jadwal kapan evaluasi  akan dilakukan, sehingga proses pencapaian siswa dapat terukur dengan jelas.

(11) Guru jarang membaca buku dan referensi-referensi lain. Menyusun jadwal rutin berapa buku yang harus dibaca dalam 1 hari, 1 minggu  untuk menambah wawasan adalah solusi yang tepat.

(12) Guru jarang melakukan penelitian dan menulis sebuah artikel atau karya tulis lainnya. Solusinya guru harus lebih banyak mengamati, menganalisa dan mengamati kejadian-kejadian di sekitarnya  serta rajin mencari solusi dari setiap permasalahan yang ada dan belajar untuk menuangkannya dalam suatu hasil karya tulis.

(13) Guru jarang berkomunikasi dengan siswa secara lebih dekat. Berkunjung ke rumah siswa yang sedang membutuhkan perhatian terutama  kepada siswa yang bermasalah di sekolah, barangkali perlu diterapkan sehingga terjalin komunikasi terbuka antara guru dengan siswanya,  sehingga guru bisa memahami karakteristik siswa dan siswapun mau  terbuka kepada gurunya.

Demikianlah 13 kelemahan yang sering dijumpai oleh para guru  jika masih ada dalam diri seorang guru 13 kelemahan tersebut, barangkali bisa diminimalisir, asalkan kita tahu bagaimana mencari solusi dan jalan keluarnya, sehingga guru yang berkualitas akan menghasilkan siswa yang berkualitas pula.



sumber:http://www.sekolahdasar.net


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "13 Kelemahan Guru Dalam Mengajar & Solusinya"

Post a Comment