Hal- hal yang Harus Dikuasai dalam Metode Ceramah

Barangkali, metode ceramah termasuk metode yang paling populer. Sering digunakan oleh guru dalam pembelajaran. Bahkan dianggap paling praktis dan instant untuk diterapkan dalam pembelajaran.
Dengan pergeseran paradigma pembelajaran, metode ceramah sudah mulai dikurangi penggunaannya. Paling tidak, mengurangi penulisannya pada bagian strategi dan metode dalam perangkat pembelajaran meskipun… pada gilirannya, guru akan memakainya “diam-diam” dalam pembelajaran. 

Pada artikel ini tidak akan dibahas kelebihan maupun kekurangan metode ceramah dalam pembelajaran. Yang menjadi penelaahan kita adalah apakah metode ceramah itu metode yang paling mudah dalam pembelajaran.
Meskipun dipandang metode konvensional, cara mengajar berceramah dalam praktiknya tidak seperti yang dibayangkan. Menyampaikan pelajaran dengan berceramah perlu menguasaai hal-hal tertentu sehingga metode ini efektif dan efisien.
1.Menguasai pengelolaan kelas.
Landasan utama pembelajaran di ruang kelas adalah pengelolaan kelas. Guru mutlak menguasai kelas yang diajarnya. Apapun metode yang dipakai, tidak akan efektif dan efisien jika seorang guru kurang mampu mengelola kelas.
Jangan-jangan ketika guru berceramah, ternyata siswa yang duduk di bagian belakang juga berceramah kepada temannya. Atau ngobrol seenaknya karena luput dari perhatian guru.
2.Menguasai materi pelajaran.
Metode ceramah diperlukan jika materi pelajaran bersifat konsep, teori, fakta.  Guru harus menguasai materi yang diajarkan dengan baik serta memiliki wawasan yang luas terhadap materi tersebut. Dengan demikian, pembelajaran tidak akan tersendat-sendat karena guru kehabisan bahan untuk diceramahkan.
3.Menguasai teknik berceramah.
Mengajar dengan metode ceramah memerlukan teknik dan cara tertentu. Agar metode ceramah berjalan dengan baik, minimal guru mampu menjadi motivator dan orator bagi murid. Memiliki sense of humour (rasa humor) agar belajar tidak terasa kering dan membosankan siswa. Memiliki cara dan gaya berceramah yang unik dan menarik perhatian siswa.
Kalau begitu, admin pun tidak sanggup mengatakan bahwa metode ceramah adalah metode yang paling mudah dalam pembelajaran. Oleh sebab itu, kita perlu terus menerus untuk berlatih dan bereksperimen dalam menggunakan cara berceramah dalam menyampaikan materi pelajaran.
 
sumber:http://www.matrapendidikan.com

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Hal- hal yang Harus Dikuasai dalam Metode Ceramah "

Post a Comment