Kesalahan-kesalahan Fatal dalam Mengajar

Mengajar adalah sebuah proses yang bertujuan untuk mendidik siswa menjadi manusia yang berguna terhadap bangsa dan kaumnya, namun pada saat proses belajar mengajar ada beberapa kesalahan yang sering dibuat oleh guru, oleh karena itu kita perlu menghindari 6 hal dibawah ini agar proses belajar mengajar dapat berjalan dengan baik, karena jika semakin baik seorang guru dalam mengajar maka semakin baik hasil yang didapat. Untuk itu saya uraikan 6 hal dibawah ini yang wajib seorang guru hindari ketika mengajar, tentu saja karena hal ini berkaitan dengan masa depan pendidikan indonesia yang semakin terpuruk.

1. Menerangkan terlalu cepat, hal ini tentu saja akan mengganggu proses belajar mengajar yang dilakukan, sebab jika seorang guru menerangkan terlalu cepat maka besar kemungkinan siswa tidak akan mengerti makna dari materi yang sedang disampaikan, oleh karena itu dalam menerangkan materi sebaiknya kita tidak terburu-buru, guru yang menerangkan terlalu cepat biasanya adalah guru yang terlalu antusias, menjadi antusias terhadap materi yang kita sampaikan memang sangat penting , tapi jika terlalu antusias tentu tidak baik juga, karena guru seperti ini hanya akan berfikir dari sudut pandangnya saja, 

2. Menerangkan dengan bahasa yang tidak dimengerti siswa, berkaitan dengan poin  diatas jika seorang guru terlalu antusias maka seorang guru hanya akan menerangkan materi dari sudut sudut pandangnya saja, dan berfikir bahwa siswa mengerti apa yang dia sampaikan, jika hal ini terjadi maka sebaiknya seorang guru menggunakan bahasa formal yang jelas untuk menerangkan materi yang sedang dibahas. jangan asyik sendiri dengan materi yang sedang anda sampaikan.

3. Masuk kelas tanpa persiapan, hal ini adalah kesalahan paling fatal yang wajib dihindari sebagai seorang guru, karena jika seorang guru melakukan hal ini maka otomatis dia hanya akan menerangkan apa adanya dan jika ditanya oleh siswa  dia tidak akan tahu jawabannya, dan jika hal ini terjadi maka dia sudah tidak memiliki wibawa seorang guru, dan tentu saja hal ini sangat mengganggu kegiatan belajar mengajar.

4. Tidak tegas terhadap siswa-nya, contoh dari kesalahan ini adalah membiarkan siswa yang terlambat masuk kelas, jika hal ini terjadi sekali mungkin belum terasa efeknya pada siswa lain, tapi jika ini terjadi lebih dari 3 kali maka kebanyakan siswa akan datang terlambat dan tidak akan menghormati anda sebagai seorang guru, berkaitan dengan poin diatas maka seorang guru akan kehilangan wibawanya sebagai seorang guru.

5. Melakukan tingkah laku negatif saat mengajar, tentu hal ini sangat buruk bagi seorang guru jika bertingkah laku negatif didepan siswa-nya, karena guru adalah seorang teladan, maka seorang guru harus terlihat seperti "Malaikat" didepan siswa-nya, salah satu hal negatif yang sering dilakukan oleh guru adalah melanggar peraturan sekolah, contohnya seorang siswa tidak boleh membawa HP ke sekolah, tapi guru malah bermain HP di kelas, ini adalah tingkah laku negatif yang patut dihindari, sebaiknya seorang guru meninggalkan HP nya di kantor.

6. Memberikan jawaban yang salah, biasanya hal ini dilakukan seorang guru saat kondisi mendesak, contohnya saat seorang siswa bertanya dan seorang guru tidak tahu jawabannya maka seorang guru menjawab secara spontan dan "tidak sengaja" berbohong.

Enam hal diatas adalah kesalahan mengajar yang umum dilakukan, "manusia adalah tempatnya salah" pernyataan ini memang benar, tapi saya juga percaya bahwa" manusia adalah tempatnya benar" jadi usahakanlah untuk tidak melakukan kesalahan ketika mengajar, hindarilah hal diatas jika ingin menarik perhatian siswa dan disukai siswa, ingat bahwa manusia lebih mudah mengingat kesalahan seseorang daripada kebaikan seseorang.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kesalahan-kesalahan Fatal dalam Mengajar"

Post a Comment