Pulau Samosir, Pesona Wisata di Tengah Danau Toba

Karena lokasinya yang berada di tengah Danau Toba Sumatera Utara, Pulau Samosir pun menjadi destinasi wisata yang banyak dikunjungi wisatawan.
Di Samosir, wisatawan dapat singgah di beberapa pusat perbelanjaan cenderamata, tempat wisata budaya suku Batak seperti Huta Siallagan, kuburan para Raja di kuburan Sidabutar, hingga wisata pemandian air panas dan pemandangan rumah adat.
Anda dapat mencapainya dengan menggunakan transportasi laut berupa kapal penyeberangan atau kapal feri.
Selama perjalanan, kita akan disuguhi pemandangan rindangnya pepohonan di perbukitan, yang membentuk kata SAMOSIR.
Roin, penduduk yang juga memiliki vila di Samosir menuturkan, Pulau Samosir adalah pulau yang unik karena merupakan pulau vulkanik di tengah Danau Toba.
Ketinggiannya 1.000 meter di atas permukaan laut. Keindahannya bukan hanya menawarkan pemandangan Danau Toba, tapi juga perbukitan, gunung dan air belerang.

"Daerah sekitar Samosir memiliki hutan-hutan pinus yang tertata asri. Di pinggirannya terdapat beberapa air terjun yang sangat mempesona," katanya.
Pulau Samosir
Pemandangan alam Pulau Samosir. 
Menurutnya, wisatawan juga akan banyak melihat masyarakat peladang, dan penduduk sekitar pun cukup ramah.
"Jika ada waktu, ada baiknya wisatawan menjelajahi pulau dengan mengendarai sepeda motor atau sepeda. Jika tidak membawa kendaraan juga dapat menyewa di kawasan Samosir. Banyak hotel, vila dan penginapan yang menyewakan motor dan sepeda untuk wisatawan menjalajahi bagian tempat yang indah ini sambil rasakan hembusan angin yang sejuk," katanya.
Meskipun jalannya tidak beraspal dan berliku-liku, namun menyuguhkan pemandangan danau yang spektakuler dari puncak tertinggi pulau.
Seorang pengunjung, Marwina menilai Samosir merupakan surga wisata.
Penjual Souvenir
Penjual souvenir di Pulau Samosir. 
Walaupun berada di tengah perairan Danau Toba dan jauh dari kota, Samosir memiliki kebudayaan penduduk yang dijaga hingga kini.
"Belum lagi tempat wisatanya, semuanya masih alami dan belum terjamah. Banyak tempat yang kita datangi tidak dipungut biaya, seperti melihat kuburan raja, rumah adat, gunung yang menghasilkan air belerang, dan pulau-pulau kecil yang juga berada di kawasan Samosir," ujarnya.

Menurutnya, Samosir menawarkan penginapan menghadap ke Danau Toba dan selalu menjadi lokasi destinasi para turis asing.
"Turis paling suka pemandangan Danau Toba dari Samosir atau kawasan penginapan turis di Tuk-tuk. Atau menyeberang ke Samosir sekadar belanja cendramata di Tomok," katanya.
Pulau Samosir
Penyewaan sepeda dan money changer di Pulau Samosir. 
Sumber:  http://www.tribunnews.com

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pulau Samosir, Pesona Wisata di Tengah Danau Toba"

Post a Comment